10 Manfaat wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.
Wortel kaya akan nutrisi yaitu vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Wortel juga punya manfaat nutrisi yaitu: Vitamin A pada wortel dapat merawat mata, vitamin b pada wortel dapat mengobati penyakit beri-beri.
Berikut 10 manfaat wortel:
1. Peningkatan kemampuan melihat mata
Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A dtranformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan. Beta-karoten juga telah ditunjukan untuk melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.

2. Pencegahan kanker
Penelitian telah menunjukan wortel mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Para penelitu baru saja menemukan falcarinol dan falcarinol yang mereka rasakan menyebabkan sifat anti kanker. Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukan 1/3 resiko kanker lebih rendah dengan tikus wortel makan.

3. Anti penuaan
Tingkat tinggi beta-karoten bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel yang dilakukan untuk tubuh melalui metabolisme biasa dan ini membantu memperlambat penuaan sel.

4. Kesehatan dari dalam
Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan kulit, rambut, kuku. Vitamin A mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit yang tidak merata.

5. Antiseptik yang baik
Dikenal oleh dukukn untuk mencegah infeksi. Dapat digunakan untuk luka robek atau direbusdan dihaluskan.

6. Kulit cantik
Wortel digunakan sebagai masker wajah yang muraj dan sangat nyaman. Cukup campurkan wortel parut dengan sedikit madu lalu oleskan pada wajah anda.

7. Mencegah penyakit jantung
Studi menunjukan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten, tetapi juga alpha-karoten dan lutein. Konsumsi wortel secara teratur juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

8. Pembersih tubuh
Vitamin A membantu hati dala membuang racun dari tubuh dan juga mengurangi empedu dan lemak di hari. Serat dalam wortel dapat membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

9. Gigi sehat dan gusi
Wortel dapat mengikis plak dan sisa2 partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi dengan merangsang gusi dan merangsang banyak air liur, yang menjadi basa. Mineral dalam wortel juga mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegas stroke
Dari semua manfaat menunjukan bahwa manfaat wortel itu sangat luar biasa dan juga harvard unversity, orang yang makan lebih dari enam orang semniggu cenderung untuk Terhindar dari penyakit stroke daripada yang makan hanya sati wortel sebulan.




Sumber teks: wikipedia dan selebaran hypermart "wortel tasmania"

Posted by Fadlan Mumtaz
Fadlan Mumtaz Updated at: Monday, February 15, 2016